Post 4
D3
MANAJEMEN INFORMATIKA
POLITEKNIK
NEGERI LAMPUNG
BY
SUNISNI
Selasa, 1 November 2016
DASAR-DASAR MANAGEMENT
RUANG LINGKUP
MANAJEMEN
Istilah
Manajemen, mengandung 3 pengertian :
1. Manajemen sebagai
proses.
2. Manajemen sebagai
kolektivitas orang yang beraktivitas.
3. Manajemen sebagai
seni dan ilmu.
- Manajemen sebagai Proses: Merupakan proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselengarakan dan diawasi.
- Manajemen sebagai Kolektivitas: Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen
- Manajemen sebagai suatu Seni & sebagai suatu Ilmu: Manajemen sebagai seni berfungsi u/ mencapai tujuan, dan sebagai ilmu berfungsi u/ menerangkan fenomena, kejadian, keadaan
Perbedaan Ilmu
Pengetahuan & Seni :
Ilmu Pengetahuan
1. Berkembang secara teoritis.
2. Membuktikan.
3. Meramalkan.
4. Memberi definisi.
5. Memberikan
kepastian atau ukuran.
Seni
1. Berkemb secara
praktis.
2. Merasa.
3. Menerka.
4. Menguraikan atau
mengajarkan.
5. Memberi pendapat.
Berdasarkan
sifat kerjanya, manajemen dapat digolongkan menjadi:
1. Manajemen Administratif (Administrative
Management):
Manajemen yang
menitikberatkan pada bidang pemikiran atau kerja pikir.
2. Manajemen Operatif (Operative Management):
Manajemen (pejabat pimpinan) yang langsung memimpin kerja ke arah tercapainya karya yg nyata.
Manajemen (pejabat pimpinan) yang langsung memimpin kerja ke arah tercapainya karya yg nyata.
3. Interpretor:
Pejabat
pimpinan yg dapat menterjemahkan hasil karya manajemen
administratif ke bahasa operatif, & sebaliknya.
1. Manajemen adalah perpaduan antara ilmu
pengetahuan dan seni.
2.
Manajemen adalah proses yang sistematis, terkoordinasi, dan koperatif dalam usaha-usaha memanfaatkan sumberdaya
manusia dan sumberdaya lainnya.
3.
Manajemen mempunyai tujuan tertentu.
4.
Manajemen hanya dapat diterapkan pada sekelompok manusia yang bekerjasama
secara formal serta mempunyai tujuan yang sama.
5.
Manajemen hanya merupakan alat untuk mencapai tujuan dengan efektif dan
efisien.
6.
Dalam manajemen, kepemimpinan merupakan faktor yang sangat dominan.
7.
Manajemen merupakan sistem kerja sama yang kooperatif dan rasional.
8.
Manajemen didasarkan pada pembagian kerja, tugas, dan tanggungjawab yang
teratur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar